Minggu, 02 Mei 2010

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN PENGURUS STUDY CLUB TEMPAT INSPIRASI MAHASISWA SIPIL 2007 [ THE T@IMS’07 SC PERIODE 2007- 2008


A. Dasar Pemikiran

Pertama- tama saya ucapkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT, karena atas berkat Rahmat serta inayahnya, sehingga kita dapat menjalankan tugas yang diemban selama satu periode kepengurusan saya sebagai pimpinan Study Club Tempat Inspirasi Mahasiswa Sipil 2007 [ THE T@IMS’07 SC ]. Tak lupa pula salawat serta salam patut kita haturkan kepada junjungan kita, sang refolusioner sajati kita, yakni Nabi Muhammad SAW, yang telah membimbing kita dari kegelapan menuju dunia yang bebas,terbuka dan penuh makna serta tujuan hidup yang pasti.

Peningkatan mutu serta kualitas pendidikan merupakan suatu prioriatas utama bagi semua pihak yakni pelaku pendidikan. Upaya untuk pencapaian hal tersebut ditempuh dengan berbagai cara agar dapat memberikan suatu kontribusi berharga untuk peningkatan mutu serta kualitas pendidikan.

Terlepas dari topik tujuan pendidikan nasional, upaya peningkatan kualitas indifidu dalam rangka pembentukan pribadi yang cerdas serta berkualitas juga menjadi sebuah cita- cita tunggal bagi peserta pendidikan, yakni pelajar, maupun mahasiswa. Mahasiswa secara khusus merupakan peserta pendidikan yang dipersiapkan untuk bisa mengimplementasikan hasil dari sebuah proses pendidikan yang panjang dan berjenjang.

Target dari pengimplementasi bukanlah para individu-individu atau sebuah komunitas kecil, namun implementasi dari sebuah proses yang panjang ini yakni masyarakat, sebuah komunitas yang besar, yang beragam karakter serta latar belakang.
Dunia kemahasiswaan, bukan lagi menunggu dan dibentuk,tapi dituntut agar bisa membentuk,menciptakan, mencari solusi serta mampu menjawab problematika, baik secara pribadi, para individu- individu, kelompok kecil atau bahkan masyarakat luas.

Dengan dihadapkan berbagai tuntutan untuk menjadi seorang mahasiswa yang ideal, yakni mahasiswa yang cerdas dan berkualitas, serta mampu mencari solusi dan menjawab problema baik individu maupun kelompok, maka rumit jika dihadapi secara pribadi- pribadi. Lebihnya lagi, untuk mahasiswa yang berkecimpung dan berproses di fakultas teknik,mungkin lebih rumit untuk berproses secara individu- individu. Hal ini dilihat dari gaya proses serta tuntutan di fakultas teknik itu sendiri.

Dengan melihat berbagai permasalahan- permasalahan yang dipaparkan sebelumnya. Maka muncullah sebuah inspirasi yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah ide cemerlang, dari individu- individu yang tidak buta dan penuh harapan. Maka lahirlah sebuah kelompok kecil, dengan harapan dapat menyelesaikan masalah- masalah khususnya yang dihadapi di perkuliahan. Hasil dari sebuah Inspirasi cemerlang ini, kemudian dibentuk dalam sebuah kelompok kecil dengan nama Tempat Inspirasi Mahasiswa Sipil 2007 yang disingkat dengan nama THE T@IMS07 SC.

Layaknya hidup berkelompok, selalu muncul perbedaan,baik itu ide,gagasan, karakter serta latar belakang dari pribadi- pribadi dalam kelompok itu sendiri. Perbedaan dalam kelompok ini sering menjadi virus yang kemudian menggerogoti suatu kelompok yang pada akhirnya mengalami masa- masa kritis, dan akhirnya menyandang kata ”tinggal Kenangan” . maka dengan itu saya sebagai ketua umum yang perdana, yang meski memimpin sebuah komunitas kecil namun didalamya terdapat beragam karakter, berupaya keras untuk menyatukan karakter itu, maka terciptalah sebuah karakter tunggal yakni karakter T@IMS’07 SC, yang kemudian tanpa terasa, dalam hitungan hijriah, 1 tahun telah berlalu T@IMS’07 terlahir, yakni malam ke 15 Ramadhan 1428 H sampai 15 Ramadhan 1429 H.
Harapan saya, semoga akhir dari perode saya ini, yang kemudian dilanjutkan dengan periode berikutnya, sangat saya harapkan, diciptakanlah suatu proses yang berkesinambungan layaknya permainan estavet.

B. Tujuan

Layaknya arti dari kata Study Club yakni kelompok belajar. Maka komunitas kecil ini hanya bertujuan sebagai tempat untuk belajar. Namun demikian, bukan hanya belajar dalam basic, dalam hal ini pada bangku perkuliahan, tetapi belajar untuk segalanya sesuai dengan defenisi mahasiswa itu sendiri. Selain itu, meski Study Club bukanlah merupakan sebuah kelompok yang terstruktur layaknya OKP-OKP ataupun ormas, tetapi upaya untuk melatih serta menciptakan sebuah kelompok yang nampak formal tidak ketinggalan dilakukan, seperti kata ”T@IMS’07 bukanlah sebuah organisasi kepemudaan, tetapi T@IMS’07 pun tidak ketinggalan yang namanya, konsep, manajemen, serta kepemimpinan dalam keorganisasian”.

Tujuan dibangunya study Club ini adalah untuk menggali potensi diri dari tiap- tiap individu- individu dalam anggotanya yang kemudian dipadukan untuk pencapaian tujuan bersama yakni ”Sukses dalam berproses, dan siap berkreasi dengan buah dari Proses”.


C. Program Kerja

Dalam 1 ( satu ) kepengurusan saya, tidak ada rancangan program kerja yang dibuat. Hanya saja dibuat dalam bentuk garis- garis besar yang dijabarkan dan dilaksanakan sesuai bidang masing- masing. Yang terdiri dari 5 ( lima ) bidang, antara lain.

1. BIDANG IPTEK
Bertugas melakukan kegiatan- kegiatan yang bersifat dan dalam ruang lingkup ilmu pengetahuan dan teknologi yang berbasis perkuliahan. Yakni yang menyangkut pelatihan- pelatihan, evaluasi mata kuliah, maupun pengembangan lainya yang dalam kaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, namun tidak terlepas dari proses perkuliahan.

2. BIDANG INKOM
Bertugas mencari informasi- informasi, maupun topik- topik tertentu yang kaitanya dengan pengetahuan, yang kemudian dibahas pada tingkat study club. Selain itu, dapat memberikan info- info terbaru baik dari internal maupun external study club.

3. BIDANG SOSIAL (BKS)KAJIAN.
Bertugas melakukan kegiatan- kegiatan, maupun kajian- kajian diluar dari basis perkuliahan. Yakni yang sifatnya umum.

4. BIDANG KEARSIPAN
Bidang ini diberi wewenang untuk mencari, mendata ataupun memberikan status yang kaitanya dengan arsip- arsip study club.

5. BIDANG HUMAS
Bidang humas ini diberi tugaskan dalam kaitanya dengan hubungan antara study club dengan lembaga- lembaga external lainya.

D. Realisasi Kegiatan
1. Kegiatan Interen
Kegiatan yang dilakukan yang dihimpun dari semua bidang- bidang adalah.
1. pada tanggal 6 oktober 2007, melaksanakan Buka Puasa bersama di studio II T@IMS’07 SC di kalumata.
2. pada tanggal 9- 10 Februari 2008, melaksanakan MUSBA I sekaligus pelatihan kepemimpinan di pantai wisata Kastela.
3. pada tanggal 25 agustus 2008, melaksanakan MUSBA II di pantai wisata Sulamadaha.
4. melakukan efaluasi Study Club tiap sebulan sekali di Sekretariat Study Club.
5. menyusun Rancangan Titik Acuan ( TA ) / Titik netral ( TN ) Study Club yang merupakan pokok acuan dari aktifitas study club
6. menyusun konsep serta rancangan tata cara Pemilihan Ketua Umum Study Club.
7. melakukan Pencarian dan pendataan arsip- arsip study club
8. Melakukan silaturahmi ke study club Crase arsitek 07.

2. Kegiatan Exteren.

1. pada tanggal 13- 14 februari 2008, menghadiri undangan up Grading Pengurus HMS.
2. Pada tanggal 13 maret 2008, menghadiri undangan maulid dari Majlis Ta’lim Nurkhaimah kel. Moya
3. pada Tanggal 11 maret 2008, menghadiri undangan silaturahmi dari SKMS,SC
4. pada tanggal 14 Maret 2008, menghadiri undangan Musyawarah ke V HMS
5. ikut berpartisipasi dengan BEM dalam pelaksanaan Wisudah UNKHAIR.
6. ikut berpartisipasi dalam kepanitiaan Musyawarah HMS ke- V.

E. Problematika

Dalam kepengurusan saya selama satu periode dalam hitungan Hijriah, terdapat berbagai hambatan- hambatan dan kendala. Hal ini karena Study Club yang masih baru, serta para anggota study club yang masih perlu adaptasi dengan dunia kemahasiswaan, maka membutuhkan waktu yang panjang untuk dapat menciptakan sebuah study club yang komleks serta berprestasi sesuai dengan tujuan dari study club itu sendiri. Namun demikian, dengan modal kekompakan serta rasa kebersamaan yang tinggi, dapat menghalau serta memberi solusi baru terhadap berbagai masalah yang dihadapi.




F.Penutup
Dengan demikian sebelum laporan ini saya akhiri, perlu beberapa hal yang patut saya sampaikan khususnya kepada ketua Umum kita yang baru dan komunitas T@IMS’07 secara keseluruhan.
1. dalam hidup berkelompok, tetaplah selalu dijumpai berbagai perbedaan. Maka dengan itu, perbedaan janganlah dijadikan sebagai bahan perdebatan yang pada akhirnya mengakibatkan perpecahan. Namun duduk dan mencari solusi terbaik untuk kepuasan bersama.
2. pengalaman merupakan guru yang paling berharga, maka dengan itu, bercermin dari pengalaman selama 1 ( satu ) tahun kemarin. Yang baik lanjutkanlah, dan yang kurang dan kurang baik, benahi dan lengkapilah.
3. yang terakhir dari saya dan mungkin kata yang terakhir dari saya sebagai ketua Umum Study Club Tempat Inspirasi Mahasiswa Sipil 2007 [ THE T@IMS’07 SC]
” Tetap Kompak, jadikanlah kawan sebagai bagian dari tubuh anda yang bila sakit, terasa pula sakitnya pada bagian lain. Waspadalah terhadap virus yang bakal menyusup dilubuk hati kita, serta jagalah dan abadikan komunitas yang kecil ini di hati kita agar tidak menjadi kenangan masa lalu”.
”tetap semangat, karena tidak ada hal besar yang dapat dilakukan tanpa semangat”
Demikian..........................
Billahi Taufik Walhidayah
Wassalamualaikum Wr.Wb
Ternate, 15 Ramadhan 1429 H


ASWIN S.S. ABD HARIS
Ketua Umum 07-08

Tidak ada komentar:

Posting Komentar